TINJAUAN YURIDIS EFEKTIVITAS PERJANJIAN PRA NIKAH (PRENUPTIAL AGREEMENT) APABILA TERJADI KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus di KUA Kecamatan Semarang Selatan)

NOVERISA, OTIK (2024) TINJAUAN YURIDIS EFEKTIVITAS PERJANJIAN PRA NIKAH (PRENUPTIAL AGREEMENT) APABILA TERJADI KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus di KUA Kecamatan Semarang Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000454_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000454_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

Perjanjian pra nikah merupakan kesepakatan tertulis antara calon suami dan istri yang mengatur berbagai aspek seperti harta benda, keuangan, dan tanggung jawab masing-masing pihak, guna memberikan perlindungan hukum dan mencegah konflik di masa depan. Meskipun masih menghadapi pandangan tabu dalam masyarakat, perjanjian pra nikah sebenarnya dapat berperan positif dalam memperkuat landasan hukum pernikahan dan melindungi hak-hak kedua pihak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas perjanjian pra nikah (Prenuptial Agreement) dalam mengatasi konflik rumah tangga dan hambatan pelaksanaan perjanjian pra nikah (Prenuptial Agreement) serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan hukum berbasis norma dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data Sekunder meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode data primer melalui observasi dan wawancara. Untuk data sekunder menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumen hukum. Analisis data yang digunakan yakni analisis kualitatif dilakukan dengan mengidentifikasi pola dan tema dari data yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, perjanjian pra nikah telah efektif memberikan kejelasan hak dan kewajiban finansial pasangan dan mengurangi potensi konflik terkait masalah kepemilikan harta. Efektivitas perjanjian pra nikah (Prenuptial Agreement) dalam mengatasi konflik dalam rumah tangga serta hambatan pelaksanaan agar perjanjian pra nikah dapat menjadi instrumen yang lebih efektif mencegah konflik rumah tangga. Hambatan pelaksanaan perjanjian pra nikah mencakup budaya yang mengutamakan nilai kekeluargaan dan asumsi harta bersama, sehingga perjanjian ini dianggap bertentangan dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi. Solusinya adalah mensosialisasikan manfaat perjanjian pra nikah, agar dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban pasangan suami istri terkait dengan pernikahan. Kata Kunci: Efektivitas, Perjanjian Pra Nikah, Konflik, Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 02:32
Last Modified: 21 May 2024 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item