PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pelanggan Online Shop Shopee di Semarang)

Azizah, Ida Nurul (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pelanggan Online Shop Shopee di Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Manajemen_30401800148_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Manajemen_30401800148_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi, terutama penggunaan internet, telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Internet kini menjadi kebutuhan penting, dan banyak orang telah beralih dari berbelanja secara langsung di toko ke berbelanja online di marketplace seperti Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Online Advertising terhadap keputusan pembelian online di marketplace Shopee, dengan fokus pada pelanggan Online Shop Shopee di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 orang responden. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat statistik SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Advertising memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di Marketplace Shopee di wilayah Semarang. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah bahwa Shopee dapat meningkatkan strategi pemasaran online dan merespons ulasan pelanggan secara efektif untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian online di Shopee dan memberikan arahan bagi platform e-commerce dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Online Advertising, Keputusan Pembelian, Shopee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 02:30
Last Modified: 21 May 2024 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33818

Actions (login required)

View Item View Item