PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI TERAPI ALIH BARING DAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TERHADAP RESIKO DEKUBITUS PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK (SNH)

AMELIA, PUTRI RARA SEKAR (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI TERAPI ALIH BARING DAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TERHADAP RESIKO DEKUBITUS PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK (SNH). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img]
Preview
Text
30902000180_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Stroke non hemoragik merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi sistem saraf pusat dimana terjadinya sumbatan pembuluh darah otak. dan mengakibatkan terjadi hemiparase. Dekubitus merupakan kondisi terjadinya kerusakan atau kematian jaringan kulit, otot dan tulang akibat tekanan yang terus menerus. Tindakan keperawatan yang dapat dilakukan untuk megatasi resiko luka tekan yaitu pemberian posisi alih baring setiap 2 jam dan pemberian VCO. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi exsperimental design dengan rancangan control group design pretest dan posttest, data yang diambil dari penelitian dua kombinasi terapi ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Hail uji selama 3-4 hari di dapatkan kelompok intervensi dengan (p value 0,031), Sedangkan kelompok kontrol (p value 0,125). Perbandingan intervensi dan kontrol di dapatkan (p value 1,000) pada pasien Setroke Non Hemoragik. Kesimpulan: Kombinasi terapi alih baring dan VCO efektif digunakan dalam mencegah terjadinya resiko decubitus. Sedangkan perbandingan kelompok intervensi dan kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Saran: Saran yang diharapkan perawat dapat memberikan tindakan kombinasi terapi alih baring dan VCO sebagai pendamping terapi farmakologi untuk mencegah resiko decubitus pada pasien stroke non hemoragik. Kata kunci: Stroke Non Hemoragik, Kombinasi Terapi Alih baring dan VCO, Resiko decubitus Daftar Pustaka: 64 (2019-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:32
Last Modified: 10 May 2024 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33757

Actions (login required)

View Item View Item