PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA BPJS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CIWARU KAB. KUNINGAN

Husen, Rafi Bachtiar Ramadhan (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA BPJS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CIWARU KAB. KUNINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000261_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000261_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Puskesmas mempunyai arti penting untuk memberikan pelayanan kesehatan ataupun pelayanan medis terhadap pasien. Pelayanan kesehatan di puskesmas adalah suatu hal yang sangat penting dan harus dijaga dengan meningkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku supaya masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan terbaik yang akan diberikan oleh puskesmas. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengetahui prosedur pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Ciwaru Kabupaten Kuningan, perlindungan hukum terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan dalam pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ciwaru Kabupaten Kuningan serta Upaya Hukum yang dapat dilakukan oleh pasien pengguna BPJS Kesehatan apabila haknya tidak terpenuhi oleh Puskesmas Ciwaru Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data primer menggunakan observasi dan wawancara sedangkan metode data sekunder menggunakan studi dokumentasi dan studi kepustakanaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah berupa prosedur pelaksanaan pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Ciwaru Kabupaten Kuningan dari awal mendaftar sampai dengan ke dalam ruang rawat. Setelah itu, hasil penelitan yang diperoleh selanjutnya ialah prosedur pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ciwaru Kabupaten Kuningan dapat dikatakan cukup baik, karena masih tedapat beberapa keluhan pasien BPJS seperti kurangnya ketersediaan obat, pelayanan kesehatan kurang baik, serta jadwal menunggu pasien berobat dapat dikatakan pasien cukup lama untuk menunggu. Pengaturan hukum terkait dengan perlindungan hukum bagi pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas di antaranya Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pasien BPJS apabila haknya tidak terpenuhi oleh puskesmas, dapat mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan, menggugat dan/atau menuntut puskesmas apabila puskesmas diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar, serta Upaya Hukum yang dapat ditempuh oleh pasien BPJS Kesehatan yakni melalui Jalur Non Litigasi (Musyawarah atau Mediasi) dan Jalur Litigasi (Pengadilan). Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pengguna BPJS Kesehatan, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:47
Last Modified: 10 May 2024 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33751

Actions (login required)

View Item View Item