ANALISIS YURIDIS PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH

Pamungkas, Naufal Farras (2024) ANALISIS YURIDIS PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000237_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000237_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)

Abstract

Perundungan atau Bullying adalah sebagai suatu bentuk kekerasan fisik dan psikologis berjangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan diri dari situasi ada hasrat untuk melukai atau menakuti orang atau membuat orang tertekan, trauma, depresi, dan tidak berdaya. Bullying suatu fenomena yang sudah tidak asing di Indonesia khususnya di dunia pendidikan. Pihak-pihak yang terlibat biasanya merupakan anak usia sekolah yang dimana, hingga saat ini bullying masih marak terjadi di lingkungan sekolah baik di tingkat dasar hingga tingkat atas. Penelitian dalam skripsi ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana bullying di sekolah dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya tindak pidana bullying di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hukum yuridis normatif. Penelitian hukum yuridis normatif meliputi pendekatan per-undang-undangan, pendekataan kasus, pendekatan historis, pendekatan komparatif, pendekatan konseptual, pendekatan filsafat, dan pendekatan analitis. Hasil penelitian ini, yaitu: pertama menunjukan bahwa perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana bullying yang telah diatur dalam UndangUndang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak. Undang-Undang ini berisikan perlindungan hukum tentang larangan untuk melakukan kekerasan terhadap anak dan tanggungjawab terhadap anak. Setiap warga negara pada hakikatnya berhak atas rasa aman dan memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari ancaman, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Kedua terdapat faktor-faktor penyebab timbulnya bullying di sekolah yang paling dominan, antara lain faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor media massa. Kata Kunci: Penegakan hukum, Korban, Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:58
Last Modified: 10 May 2024 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33747

Actions (login required)

View Item View Item