PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SEMARAK DANA DENGAN JAMINAN AKTA KELAHIRAN DAN BUKU NIKAH (Studi Kasus Koperasi Semarak Dana Cabang Pemalang)

KUSMANUNING, KUSMANUNING (2024) PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SEMARAK DANA DENGAN JAMINAN AKTA KELAHIRAN DAN BUKU NIKAH (Studi Kasus Koperasi Semarak Dana Cabang Pemalang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000170_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000170_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya tentu dengan melakukan pekerjaannya. Untuk meningkatkan kehidupannya, manusia melakukan kegiatan pinjam meminjam. Kegiatan tersebut dilakukan oleh pihak yang mempunyai dana lebih, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat. Kegiatan pinjam meminjam sangat membantu bagi masyarakat untuk membiayai hidupnya ataupun untuk modal usaha. Mayarakat dapat mengajukan pinjaman pembiayaan pada koperasi untuk memperoleh dana yang dibutuhkan. Koperasi merupakan lembaga keuangan nonbank, Dengan adanya koperasi sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan tersebut akan menimbulkan perjanjian kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit di Koperasi Semarak Dana cabang Pemalang dengan jaminan akta kelahiran dan buku nikah serta untuk memgetahui permasalahan dalam pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan akta kelahiran dan buku nikah dan penyelesaiannya, Metodepenelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitiannya yaitu deskriptif analisis, data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer yaitu observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data sekunder yaitu studi pustaka. Analisis data menggunakan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan perjanjian kredit dikoperasi Semarak Dana Pemalang dengan jamina akta kelahiran dan buku nikah, adalah dengan cara anggota koperasi melengkapi persyaratan perjanjian kredit lalu menunggu persetujuan dari koperasi Semarak Dana.Permasalahan dalampelaksanaan perjanjian kredit di koperasi Semarak Dana dengan jaminan aktakelahiran dan buku nikah, anggota koperasi pada perjanjian kredit yaitu karena sakit, kabur dan meninggal dunia. Penyelesaian permasalahannya, apabila anggota koperasi sakit, pihak koperasi akan mendatangi rumahnya. Apabila anggota koperasi kabur, maka pihak koperasi akan menunggu sampai pulang. Jika tidak pulang maka hutangnya di Write off (WO) atau dihapus. Apabila anggota koperasi meninggal dunia, pihak koperasi akan meminta pertanggungjawaban kepada keluarga anggota koperasi. Jika tidak ada yang bertanggung jawab, maka pihak keluarga wajib menunjukkan surat kematian untuk ditujukan kepada koperasi Semarak Dana agar hutangnya dianggap lunas. Kata Kunci: Perjanjian kredit, Akta kelahiran, Buku nikah, Koperasi, Jaminan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 06:34
Last Modified: 15 May 2024 06:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33715

Actions (login required)

View Item View Item