PERANAN HALAL AWARENESS DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN RELIGIOUS BELIEF TERHADAP PURCHASE INTENTION DI FESTIVAL KULINER KAUMAN ALOON - ALOON SEMARANG

HILALYA, SARAH (2023) PERANAN HALAL AWARENESS DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN RELIGIOUS BELIEF TERHADAP PURCHASE INTENTION DI FESTIVAL KULINER KAUMAN ALOON - ALOON SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Manajemen_30402000321_fullpdf.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Manajemen_30402000321_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Saat ini, halal terbukti telah menjadi isu penting dalam aktivitas perdagangan. Memiliki kesadaran terhadap produk halal merupakan suatu kewajiban yang perlu ditingkatkan baik bagi produsen maupun konsumen. Kesadaran halal dapat ditingkatkan melalui kepercayaan religi seseorang yang dengan hal tersebut dapat mempengaruhi minat beli seseorang terhadap suatu produk. Penelitian ini bermaksud meneliti keterkaitan dan peranan kesadaran halal dalam memediasi kepercayaan religi terhadap minat beli di Festival Kuliner Kauman Aloon-Aloon Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuisioner kepada 100 responden dan setiap item pertanyaan diukur dengan lima skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kepercayaan religi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli. Kesadaran halal memiliki pengaruh positif dan signifikan sebagai variabel mediasi antara kepercayan religi dan minat beli. Sehingga, penelitian ini membuktikan bahwa kesadaran halal yang dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan religi seorang konsumen memiliki potensi untuk meningkatkan minat beli produk kuliner halal di Festival Kuliner Kauman Aloon-Aloon Semarang. Kata Kunci: Minat Beli, Kesadaran Halal, Kepercayaan Religi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:30
Last Modified: 10 May 2024 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33677

Actions (login required)

View Item View Item