PERAN ETHICAL PERCEPTIONS DALAM MEMEDIASI PENGARUH CONSUMER PARTICIPATION TERHADAP VALUE CO-CREATION (Studi Pada Pengguna Gojek di Kota Semarang)

Ardiana, Irma (2024) PERAN ETHICAL PERCEPTIONS DALAM MEMEDIASI PENGARUH CONSUMER PARTICIPATION TERHADAP VALUE CO-CREATION (Studi Pada Pengguna Gojek di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Manajemen_30401900156_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Manajemen_30401900156_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Inovasi yang saat ini sangat populer dan bahkan sudah menduduki posisi kebutuhan bagi manusia antara lain internet, telefon genggam serta aplikasi lainnya telah mendorong pelaku ekonomi untuk mengembangkan layanan penyedia kebutuhan masyarakat dengan lebih praktis. Persaingan yang semakin ketat diantara perusahaan yang menerapkan sharing economy paltform,menyebabkan masing-masing perusahaan untuk membedakan diri dan mendapatkan keunggulan kompetitif sehingga diperlukan suatu value co-creation dan untuk menciptakan value co-creation yang baik ada beberapa faktor seperti consumer participation dan ethical perception. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori explanatory research). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Gojek di Kota Semarang dengan menggunakan rumus Hair didapat sampel berjumlah 110 responden. Teknik pengumpulkan data menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi uji instrument (validitas dan Resliabilitas), uji prasyarat (Normalitas,multikolinieritas dan heterokedasitas), uji hipotesis (regresi linier dan sobel test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Consumer participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap value co-creation pada pengguna Gojek di Kota Semarang (thitung 5,166 > ttabel 1,65922 dan sig 0,000 < 0.05). (2) Consumer participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap ethical perceptions pada pengguna Gojek di Kota Semarang (thitung sebesar 5,586 > ttabel 1, 65909 dan sig 0,000 < 0.05). (3) Ethical perceptions berpengaruh positif dan signifikan terhadap value co-creation pada pengguna Gojek di Kota Semarang (thitung sebesar 2,552 > ttabel 1,65922 dan sig 0,012 < 0.05). (4) Ethical perception mampu memediasi pengaruh Consumer participation terhadap value co-creation pada pengguna Gojek di Kota Semarang (sobelstatistik 3,801 > 1,96 dan pvalue 0,000 < 0,05). Kata Kunci : cunsomer participation, ethical perception, value co-creation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2024 03:24
Last Modified: 07 May 2024 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33654

Actions (login required)

View Item View Item