MUTHAILATHI, AKBAR MAULANA (2024) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PARKIR ATAS PENETAPAN KLAUSULA BAKU DALAM JASA PARKIR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Ilmu Hukum_30302000033_fullpdf.pdf Download (39MB) | Preview |
|
Text
Ilmu Hukum_30302000033_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Teknologi dan transportasi yang maju dan berkelanjutan membuka lapangan kerja barn dalam pembangunan yang lebih inovatif. Seiring meningkatnya kepadatan kendaraan peluang bisnis perparkiran menjadi potensi yang menjanjikan. Pada studi kali ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen pengguna jasa parkir terkait dengan penetapan klausula baku dalam jasa parkir. Klausula baku adalah syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa parkir dan dikaitkan kepada konsumen tanpa bisa dinegosiasikan. Penetapan klausula baku tersebut seringkali menguntungkan pihak penyedia jasa parkir dan merugikan konsumen pengguna jasa parkir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif serta pendekatan yuridis sosiologis yang menjelaskan ketentuan-ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan peraturan terkait lainnya dengan dikaitkan kenyataan di lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode yang menggambarkan atau menganalisis peraturan dengan masalah sosial yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhdapa konsumen pengguna jasa parkir masih terbatas dan belum memadai. Penetapan klausula baku dalam jasa parkir masih sering kali mengabaikan hak-hak konsumen, seperti hak untuk mendapatkan informasi yang jelas dan transparan tentang tarif dan ketentuan parkir. Selain itu, pengaturan klausula baku dalam kontrak jasa parkir juga sering kali tidak memenuhi prinsip kesetaraan kedudukan antara penyedia jasa parkir dan konsumen. Berdasarkan temuan tersebut, diperlukan reformasi dalam regulasi perlindungan konsumen terkait jasa parkir, termasuk pengaturan yang lebih tegas mengenai penetapan klausula baku dalam kontrak jasa parkir. Reformasi ini harus memperkuat posisi konsumen dan menjamin agar hak-hak konsumen pengguna jasa parkir dapat dilindungi dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip perlindung konsumen yang adil dan berkeadilan. Kata kunci: perlindungan hukum, klasusula baku, jasa parkir, konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 May 2024 06:51 |
Last Modified: | 20 May 2024 06:51 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33634 |
Actions (login required)
View Item |