PENGARUH SIKAP DAN PERILAKU, NORMA SUBYEKTIF, PERSEPSI KONTROL PERILAKU PENGELOLA KEUANGAN TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN (WHISTLEBLOWING) (Studi Empiris pada pengelola keuangan dilingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang)

Amanah, Siti (2023) PENGARUH SIKAP DAN PERILAKU, NORMA SUBYEKTIF, PERSEPSI KONTROL PERILAKU PENGELOLA KEUANGAN TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN (WHISTLEBLOWING) (Studi Empiris pada pengelola keuangan dilingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31401900253_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31401900253_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi pengelola keuangan terhadap tindakan kecurangan (whistleblowing). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner. Variabel yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah sikap dan perilaku, norma subyektif serta persepsi kontrol perilaku terhadap tindakan kecurangan (whistleblowing) sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah penanggungjawab dan staff pengelolaan keuangan dilingkungan Universitas Muhamamdiyah Semarang sejumlah 32 orang. Untuk tujuan penentuan jumlah sampel, penelitian menggunakan sampling jenuh (Sensus), Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap dan perilaku pengelola keuangan terhadap tindakan whistleblowing, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara norma subyektif pengelola keuangan terhadap tindakan whistleblowing, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kontrol perilaku pengelola keuangan terhadap tindakan whistleblowing Kata kunci : sikap, norma, kontrol perilaku, whistleblowing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:12
Last Modified: 17 Jan 2024 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33116

Actions (login required)

View Item View Item