SARI, DWI SEKAR (2023) THE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH POP SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION SKILL AT ELEVENTH GRADE STUDENTS (A Case Study of Elevent Grade Students at SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang In Academic Year 2023/2024). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801900017_fullpdf.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801900017_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan lagu pop berbahasa Inggris dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa kelas 11 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2023-2024. Metode penelitian yang diterapkan adalah desain eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, dengan sampel terdiri dari 33 siswa X1-2 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa XI-4 sebagai kelas kontrol. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan melalui pre-test pada kelas XI-1, sementara pre-test pertama digunakan untuk menilai kemampuan awal siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa pada kelas eksperimen (56,97) dan kelas kontrol (54,24) setara. Post-test dilakukan pada kedua kelas, dan hasilnya menunjukkan rata-rata skor post-test kelas eksperimen (83,03) lebih tinggi daripada kelas kontrol (73,33). Analisis Independent Sample T-test menunjukkan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05, mengindikasikan peningkatan yang signifikan dalam skor post-test kelas eksperimen, menyimpulkan bahwa penggunaan lagu pop berbahasa Inggris efektif dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa. Kata Kunci: Lagu Pop Inggris, Pemahaman Mendengarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:30 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32967 |
Actions (login required)
View Item |