MODEL PENINGKATAN INTENTION TO USE BERBASIS MOBILE BANKING ADOPTION PADA BNI KC PATI, KC CEPU DAN KC JEPARA

Andreas, Yudizhi Erlinda (2023) MODEL PENINGKATAN INTENTION TO USE BERBASIS MOBILE BANKING ADOPTION PADA BNI KC PATI, KC CEPU DAN KC JEPARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Magister Manajemen_20402000018_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Magister Manajemen_20402000018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Isu fasilitas kemudahan bertransaksi dan tuntutan perkembangan zaman ini kemudian diadopsi oleh BNI untuk melakukan investasi besar besaran dalam menyedian fasilitas layanan Mobile banking BNI. Aplikasi mobile banking menyediakan fitur fitur yang dapat memudahkan nasabah. Pertumbuhan pengguna layanan mobile banking BNI juga terjadi di daearah Pati, Cepu dan Jepara, antara lain melakukan transfer, pembelian , pembayaran tagihan, dan pembayaran donasi. Dengan mobile banking BNI maka banyak nasabah tetap dapat bertransaksi dimana saja asal dapat terhubung dengan jaringan internet. Penelitian ini menganalisis pengaruh perceived risk, perceifed usefullness, perceived ease of use , social norms terhadap intention to use dengan dimediasi mobile banking adoption. Pada penelitian ini hanya dilakukan penelitian untuk nasabah Bank BNI KC Cepu, KC Pati dan KC Jepara. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan menggunakan software SmartPLS. Uji PLS atau Partial Least Square merupakan pendekatan persamaan struktrural (Structural Equation Modelling/SEM) berbasis varian. Pendekatan ini digunakan untuk melakukan analisis jalur yang banyak digunakan dalam studi keperilakuan, sehingga PLS menjadi teknik statistik yang digunakan dalam model yang lebih dari satu variabel dependen dan variabel independen. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa perceived risk, percceived usefullness, perceived ease of use dan social norms berpengaruh signifikan positif terhadap mobile banking adoption, artinya semakin tinggi perceived risk, percceived usefullness, perceived ease of use dan social norms mampu meningkatkan mobile banking adoption, sementara mobile banking adoption berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use, semakin besar mobile banking adoption maka intention to use meningkat. Kata Kunci: Perceived risk, perceived usefullness, perceived ease of use , social norms, mobile banking adoption dan intention to use

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:10
Last Modified: 15 Jan 2024 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32964

Actions (login required)

View Item View Item