FIQRIYANINGSIH, FIKA (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN FUNDING PADA KSPPS BERKAH MITRA HASANAH GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Manajemen_30401900118_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Manajemen_30401900118_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Pemasaran memainkan peran yang sangat penting di berbagai lembaga keuangan termasuk BMT (Baitul Mal Wat Tamwil). Marketing Funding bertanggung jawab atas penggalangan dana. Fundraising mendefinisikan keberlangsungan usaha Baitul Mal Wat Tamwi BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) dengan demikian (funding) merupakan salah satu kegiatan operasional yang selalu mendapat perhatian serius dari seluruh manajemen perusahaan, lembaga keuangan syariah. Apalagi dengan semakin tingginya tingkat persaingan dalam penghimpunan dana dari masyarakat, kegiatan penghimpunan dana disusun berdasarkan perencanaan yang tertata dengan sangat baik, dimana masing- masing lembaga keuangan berlomba-lomba menyediakan produk simpanan yang memiliki manfaat ekonomis. Dalam rangka menyediakan produk simpanan (fundraising), Marketing Funding harus menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan mencapai tujuan penghimpunan dana (funding). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah aspek pemasaran kegiatan penghimpunan dana yang belum mencapai target di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang. Metode yang digunakan dalam skripsi yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan dua sumber data, itu adalah sumber data utama termasuk manajer, sponsor pemasaran, dan banyak pelanggan. Sumber data sekunder meliputi dokumen, kertas kerja dan foto lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi bahwa dalam upaya mencapai tujuan, suatu lembaga harus melakukan strategi bersaing yang tepat, yaitu melalui proses pemasaran. Proses pemasaran dapat dilakukan melalui segmentation, targeting, dan positioning (STP). Maka, dengan tidak mencapainya target funding KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang di butuhkan strategi lain yakni agar memperoleh funding yang sesuai target dan dapat meningkatkan dana funding yakni dengan merekomendasikan menggunakan strategi pemasaran segmentation (pemetaan target konsumen), targeting (penentuan pasar sasaran), dan positioning (menempatkan produk). Peningkatan dan pencapaian tujuan dapat dicapai jika semua strategi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Marketing Funding, Fundraising, Lembaga Keuangan Syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:16 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32622 |
Actions (login required)
View Item |