PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP DERAJAT GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH Studi Observasional Analisis di Kelas 5 dan 6 SD Negeri Ngurensiti 01 Wedarijaksa Pati

Kurniawati, Besti Sri (2023) PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP DERAJAT GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH Studi Observasional Analisis di Kelas 5 dan 6 SD Negeri Ngurensiti 01 Wedarijaksa Pati. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
30101607624_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Derajat Gangguan Mental Emosional (GME) pada anak merupakan terjadinya perubahan berupa pikiran, perasaan, serta perilaku yang mengganggu aktivitas harian hingga menimbulkan gangguan jiwa. Kecanduan game online merupakan hilangnya kontrol atau kendali yang memberi dampak segi fisik maupun psikologis mental anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap derajat gangguan mental emosional pada anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi siswa kelas 5 dan 6 SD Negeri Ngurensiti 01 yang aktif bermain game online. Variabel penelitian kecanduan game online yang dinilai dengan GAS (Game Addiction Scale) dan derajat gangguan mental emosional dinilai dengan SDQ (Strength And Difficulties Questionnaire) selama enam bulan terakhir. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS dengan uji Chi Square. Hasil yang diperoleh sebanyak 15 (50%) siswa mengalami kecanduan game online ringan dan 15 (50%) siswa kecanduan game online sedang. Terdapat 10 (33,3%) siswa mengalami derajat gangguan mental emosinal ringan dan 20 (66,7%) siswa derajat gangguan emosional borderline-abnormal. Hasil uji Chi Square pengaruh kecanduan game online terhadap derajat gangguan mental emosional didapatkan p = 1,00. Pengaruh kecanduan game online terhadap derajat gangguan mental emosional masalah perilaku p= 0,028; PR= 2,2 (1,010 – 4,790). Kesimpulan hasil penelitian tidak ada pengaruh yang bermakna antara kecanduan game online terhadap derajat gangguan mental emosional tetapi terdapat pengaruh yang bermakna antara pengaruh kecanduan game online terhadap derajat gangguan mental emosional domain masalah perilaku pada anak usia sekolah. Kata Kunci : kecanduan, game online, gangguan, mental emosional, anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:00
Last Modified: 24 Oct 2023 06:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32378

Actions (login required)

View Item View Item