ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2019-2021)

Fulian, Hafidz Dinta (2023) ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2019-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31402100153_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402100153_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)

Abstract

Manajemen laba merupakan suatu upaya manajer perusahaan untuk mengintervensi atau mempengaruhi beberapa informasi dalam laporan keuangan yang bertujuan untuk mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kinerja perusahaan. Manajemen laba dapat dilakukan dengan cara meratakan, menaikan dan menurunkan laba sehingga laporan keuangan bukannya membantu tetapi justru memberikan informasi yang tidak tepat bagi penggunanya. Hal ini mengakibatkan laporan keuangan tidak dapat diandalkan, karena informasi yang terkandung di dalamnya tidak menampilkan informasi yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh perencanaan pajak, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap manajemen laba. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh 44 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021, laporan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Sedangkan variabel independen adalah perencanaan pajak, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Perencanaan pajak, Ukuran perusahaan, Pertumbuhan penjualan, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:48
Last Modified: 19 Oct 2023 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item View Item