Hidayah, Galuh Rohma (2023) ”PENGARUH DIGITAL MARKETING, DAN MARKETPLACE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA, MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)” (STUDI EMPIRIS PADA UMKM KOTA SEMARANG TAHUN 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Akuntansi_31401900068_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Akuntansi_31401900068_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
Abstract
Penggunaan internet setiap saat selalu bertambah. Hal ini yang harus disadari oleh para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu media perdagangan yang saat ini sedang banyak diminati oleh pelaku UMKM untuk mendukung promosi penjualan serta penjualan yang dapat mencapai target ialah digital marketing, dan marketplace. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing, dan Marketplace terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui Google form dan angket. Pemrosesan data dilakukan melalui aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh positif terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM dengan nilai signifikan 0,003, Marketplace berpengaruh positif terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM dengan nilai signifikan sebesar 0,009. Hasil dari koefisien determinasi R2 sebesar 0,207 atau 20,7%. Dapat diartikan bahwa 20,7% pendapatan UMKM dipengaruhi oleh Digital Marketing, dan Marketplace sisanya 79,3% dipengaruhi oleh factor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Pengaruh Digital Marketing, dan Marketplace Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31865 |
Actions (login required)
View Item |