Listiani, Novita (2023) ANALISIS PERTANYAAN SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PYTHAGORAS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Matematika_34201900023_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201900023_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang interaktif tidak lepas dari aktivitas bertanya baik antara siswa dengan guru maupun antar siswa lainnya. Salah satu model yang mendukung siswa aktif dan dapat memunculkan banyak pertanyaan adalah model pembelajaran collaborative problem solving karena siswa akan berkolaborasi untuk memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertanyaan siswa berdasarkan kategori berpikir tingkat kognitif lebih rendah, berpikir tingkat kognitif lebih tinggi, dan pertanyaan berorientasi tugas dan alasan siswa mengajukan pertanyaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang Kelas VIII yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Proses analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima belas tipe pertanyaan yang diajukan siswa. Pertanyaan terbanyak terdapat pada tipe pertanyaan berpikir tingkat kognitif lebih tinggi. Alasan siswa mengajukan pertanyaan tersebut sesuai dengan makna tipe pertanyaan yang diajukan siswa. Kata Kunci : pertanyaan, collaborative problem solving, diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31765 |
Actions (login required)
View Item |