TINDAK TUTUR DALAM TAYANGAN TV “LAPOR PAK!” EPISODE INTEROGASI NAJWA SHIHAB TAHUN 2022 DAN IMPLEMENTASI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN KELAS XI SMA

Firdaus, Nurul (2023) TINDAK TUTUR DALAM TAYANGAN TV “LAPOR PAK!” EPISODE INTEROGASI NAJWA SHIHAB TAHUN 2022 DAN IMPLEMENTASI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900019_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Firdaus, Nurul. 2023. Tindak Tutur Dalam Tayangan Tv “Lapor Pak!” Episode Interogasi Najwa Shihab Tahun 2022 dan Implementasi terhadap Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Kelas XI SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Leli Nisfi Setiana, M.Pd., Pembimbing II Meilan Arsanti, M.Pd. Kata Kunci: jenis tindak tutur, fungsi tindak tutur, dan implementasi pembelajaran. Tayangan TV “Lapor Pak” saat ini menjadi acara hiburan masyarakat yang dikemas dengan kombinasi antara komedi dan interogasi. Selain itu, pemain yang bergabung dalam acara tersebut adalah aktor dan aktris yang terkenal, bintang tamu dalam setiap episodenya selalu menarik perhatian penonton, karena bintang tamu pada tayangan TV tersebut tidak hanya artis atau pemain film saja tetapi pejabat pun turut menjadi bintang tamu dalam acara tersebut salah satunya adalah Najwa Shihab, acara Lapor Pak ini ditampilkan di stasiun TV yaitu Trans 7. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teknik simak dan catat. Penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh peneliti, berjumlah 48 data dari jumlah jenis dan fungsi dari tindak tutur. Sebanyak 9 pada tindak tutur ilokusi, tindak tutur lokusi sebanyak 8, dan pada tindak tutur perlokusi sebanyak 7 data. Jadi total data yang diperoleh pada jenis tindak tutur sebanyak 24 data, data sebanyak 14 data, fungsi tindak tutur aserif sebanyak 8 data, tindak tutur direktif sebanyak 2 data, tindak tutur ekspresi sebanyak 1 data, tindak tutur komisif sebanyak 2 data, dan tindak tutur deklaratif sebanyak 1 data. Jadi jumlah data yang diperoleh adalah sebanyak 1 data. Hasil penelitian tindak tutur pada tayangan TV Lapor Pak! Episode Interogasi Najwa Shihab Tahun 2022 dapat diimplementasikan terhadap pembelajaran menulis Teks Cerpen. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran yang dapat disampaikan melalui RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai dengan kurikulum 2013. Hanya beberpa data atau kalimat tindak tutur dalam tayangan tersebut yang menarik untuk dapat dijadikan sebagai implementasi menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:51
Last Modified: 13 Oct 2023 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31684

Actions (login required)

View Item View Item