KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MI AL MAFTUHAH KARANGSARI KARANGTENGAH DEMAK TAHUN AJARAN 2022/20223

Hidayad, Muhammad (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MI AL MAFTUHAH KARANGSARI KARANGTENGAH DEMAK TAHUN AJARAN 2022/20223. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900080_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900080_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas IV di MI AL-Maftuhah Karngsari Karangtengah Demak Tahun 2022/2023 dan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghalang bagi guru dalam mengelola keas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI AL-Maftuhah. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif Penelitian dilakukan pada saat interaksi berlangsung di lapangan. Peneliti mengamati, mencatat, mempertanyakan, menggali sumber-sumber yang berkaitan erat dengan peristiwa yang terjadi pada saat itu. Lokasi penelitian Mi Al-Maftuhah Ds. Karangsari kec. Karangtengah Kab. Demak Rt 02 Rw 02 Gebyok. Jenis dan sumber data yang digunakan yakni primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Peneliti menyatakan bahwa Seorang guru yang menguasai kompetensi pedagogik akan mudah dalam mengelola kelas dan akan mudah dalam menghadapi faktorfaktor pendukung dan faktor-faktor penghalang dalam pengelolaan kelas, khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menyatakan dalam mengelolaa kelas guru menggunakan cara pengaturan tempat duduk, dan penataan ruangan guna memudahkan guru dalam mengelola kelas. Dan kompetensi pedagogik guru dalam pengelolan kelas di Mi Al-Maftuhah khususnya wali kelas IV dan guru mata Pelajaran Akidah Akhlak sudah sangat baik, hal ini sesuai apa yang ditemui peneliti dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudahlah sangat baik dan efektif, guru dapat mengendalikan kelas, guru dapat menjadikan kelas yang interaksi dan guru dapat menyampaikan materi dengan baik kepada siswa. Dan didalam faktor pendukung dan faktor pengalang dalam pengelolaan kelas terdapat banyak faktor pendukung dan penghalang yaitu faktor pendukung pemahaman guru dalam memahami materi,keahlian guru dalam mengelola kelas, lingkungan kelas yang kondusif, luasnya ukuran ruangan kelas, tata letak tempat duduk, dan kedisiplinan, hubungan baik antara siswa dan guru. Dan sedangkan faktor penghalang tidak disiplinnya siswa, ganguan antar teman, konflik antar teman, dan terbatasnya waktu dalam kegiatan pebelajaran. Guru yang dapat menghadapi faktor pendukung dan penghalang akan bisa menciptakan kelas yang baik dan efektif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Pengelolaan Kelas, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:13
Last Modified: 11 Oct 2023 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item