UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DI MI TARBIYATUL KHAIRAT KOTA SEMARANG TAHUN 2022/2023

Hidayatullah, Maulana (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DI MI TARBIYATUL KHAIRAT KOTA SEMARANG TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900071_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900071_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada lembaga Pendidikan yang peneliti jadikan sebagai tempat penelitian, yaitu MI Tarbiyatul Khairat Semarang, dimana terdapat sebuah masalah yaitu: kurangnya motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih melalui strategi ekspositori di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Kedua, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih melalui strategi ekspositori di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar diantaranya : guru memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, memberikan reward dan punishment dari apa yang dilakukan peserta didik dalam pembelajaran, memberikan support tentang harapan ke depan, memberikan umpan balik yang dimana ketika peserta didik itu mendapat nilai yang baik sebab peserta didik itu dapat menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru tersebut. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik antara lain : diri dari peserta didik itu sendiri, sarana dan prasana dari sekolah, dukungan dari orang tua yang menitipkan di MI Tarbiyatul Khairat, serta dari guru itu sendiri yang mampu memberikan pengajaran yang baik. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya minat membaca, menulis terlebih lagi menulis tulisan arab, alokasi waktu yang sedikit, komunikasi yang kurang dari peserta didik kepada guru. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Strategi Ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:48
Last Modified: 11 Oct 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item View Item