STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA BACA TULIS QUR’AN DI MI TARBIYATUL KHAIRAT SEMARANG

Mashuri, Anisa Nurliana (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA BACA TULIS QUR’AN DI MI TARBIYATUL KHAIRAT SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900018_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas II pada BTQ di MI Tarbiyatul Khairat Semarang , (2) untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II pada Intrakurikuler BTQ kelas II di MI Tarbiyatul Khairat Semarang, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II pada BTQ di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II pada BTQ di MI Tarbiyatul Khairat Semarang ini kurang. Karena pembacaan qur’an dengan tawid, tartil, makahrijul hurf dan fashohah yang kurang. Strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II pada BTQ di MI Tarbiyatul Khairat Semarang yang digunakan kurang bervariasi yaitu hanya menulis materi dan mengaji jilid saja. faktor pendukung dan penghambat guru yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik kelas II pada BTQ di MI Tarbiyatul Khairat Semarang adalah baik dari faktor peserta didik itu sendiri, waktu ketersediaan, lingkungan, dan kesiapan bahan ajar. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi strategi Guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II pada BTQ itu terdapat pada lingkungan sekitarnya, baik dari lingkungan pribadi maupun soisalnya. Kata Kunci : Strategi Guru, Meningkatkan Prestasi, Baca Tulis Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:18
Last Modified: 11 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31378

Actions (login required)

View Item View Item