Akmaliyah, Hidayatul (2023) KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII A DI MTs NU BANAT KUDUS TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501800135_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501800135_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode demonstrasi terhadap pembelajaran fikih kelas VII A di MTs NU Banat Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek yang menjadi bahan penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A. Teknik dalam mengumpulkan data adalah menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji tersebut menunjukkan adanya hasil positif dalam menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran fikih. Pada angket tentang penerapan demonstrasi skor jawaban kesesuaian mendapatkan prosentase 47%, pada proses kegiatan inti skor jawaban kesesuaian mendapatkan prosentase 63%. Dilihat dari hasil angket yang diisi oleh siswa yang berisi tentang efektivitas penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih, jawaban alternatif pertama memperoleh skor 52%, kemudian pada alternatif jawaban kedua memperoleh skor 45%. Selanjutnya pada alternatif jawaban ketiga memperoleh skor 2% dan yang terakhir alternatif jawaban keempat memperoleh skor 0%. Kata Kunci: Keefektifan; metode demonstrasi; pembelajaran fikih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:00 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31362 |
Actions (login required)
View Item |