THE EFFECTIVENESS OF USING TOTAL PHYSICAL RESPONSE METHOD AND DIRECT METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (An Experimental Research on the Fifth Graders of SD Islam Sultan Agung 4 Semarang in the Academic Year of 2015/2016)

Fitriani, Diah (2015) THE EFFECTIVENESS OF USING TOTAL PHYSICAL RESPONSE METHOD AND DIRECT METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (An Experimental Research on the Fifth Graders of SD Islam Sultan Agung 4 Semarang in the Academic Year of 2015/2016). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji metode mana yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimental yang termasuk kedalam metode quantitative. Populasi untuk penelitian ini adalah semua siswa kelas lima SD Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Ada dua kelas, yakni kelas VA yang terdiri dari 26 siswa mendapatkan pengajaran dengan metode Total Physical Response dan VB terdiri dari 27 siswa mendapatkan pengajaran dengan metode Di� � � � p����� �   � �� ��� • � �alah tes kosakata yang terdiri dari pilihan ganda dan menjodohkan. Sebelum sebuah perlakuan diberikan, pre-test terlebih dahulu diberikan pada kedua kelas. Sedangkan, post-test diberikan setelah perlakuan telah dilakukan. Kemudian, data dinilai oleh penulis menggunakan program SPSS versi 21.0 untuk menganalisa hasil pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata untuk kelas experimental dan control adalah 64.35 dan 65.30 secara berurutan. Setelah diberikan perlakuan, post-test dilakukan pada kedua kelompok. Rata-rata untuk kelas experimental dan control adalah 78.65 dan 71.70 secara berurutan. Perhitungan t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang berarti. Independent sample t-test menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0.042<0.05, ini berarti bahwa H 0 ditolak dan H diterima. Sehingga, metode Total Physical Response lebih sesuai untuk digunakan mengajar kosakata bahasa Inggris bagi siswa kelas lima sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Total Physical Response, Metode Direct Method, dan Kosakata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:13
Last Modified: 16 Feb 2016 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item