ANALISIS PENGHIMPUNAN DAN PENDRISTRIBUSIAN DANA ZAKAT INFAQ SEDEKAH (ZIS) PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH

Alifah, Noor (2022) ANALISIS PENGHIMPUNAN DAN PENDRISTRIBUSIAN DANA ZAKAT INFAQ SEDEKAH (ZIS) PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000036_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan penghimpunan dan pendistribusian dana Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) di Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Tengah. Penghimpunan dana ZIS adalah suatu kegiatan menghimpun dana dan mempengaruhi calon muzakki, baik perseorangan maupun badan usaha, agar menyalurkan dana zakat, infaq, dan shodaqoh kepada Lembaga Pengelola Zakat. Pendistribusian dana ZIS adalah kegiatan memudahkan dan melancarkan penyaluran dana zakat dari muzakki kepada mustahik. Pelaksanaan penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS ini berupaya untuk menganalisis upaya dan cara yang dilakukan Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Tengah agar bisa meningkatkan penghimpunan serta pendistribusian dana ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh) agar tepat sasaran. Data untuk tugas akhir ini diperoleh dari pengamatan dan wawancara secara langsung dengan pihak Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Tengah yang kemudian dianalisis secara mendalam untuk memperoleh gambaran riil yang terjadi di lembaga tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah Teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data apa adanya, dan menggambarkan masalah yang sedang terjadi sekarang atau sedang berlangsung, guna untuk mendeskripsikan apa yang sedang terjadi sebagaimana mestinya pada saat penelitian dilakukan dan dikumpulkan melalui hasil wawancara, observasi atau pengamatan serta dokumentasi secara langsung dengan pihak yang bersangkutan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Hasil pengamatan dan wawancara tersebut menunjukkan bahwa penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh) di Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Tengah kurang berjalan dengan baik dan penyaluran yang belum tepat sasaran, Oleh karena itu, perlu dioptimalkan lagi dalam proses penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS agar penghimpunan yang terkumpul dapat disalurkan kembali kepada mustahik yang berhak menerima sesuai dengan kriteria program yang dijalankan agar dapat terlaksana dengan baik dan efisien. Melakukan monitoring dalam kinerja karyawan serta pemberian motivasi agar dapat meningkatkan kualitas pegawai. Penambahan SDM pendayagunaan bertujuan agar pendistribusian dapat berjalan dengan efekstif dan efisien, sehingga penyaluran dana urkan tepat sasaran dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Kata Kunci : Penghimpunan, Pendistribusian, Dana Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:23
Last Modified: 01 Sep 2023 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30690

Actions (login required)

View Item View Item