ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENAGIHAN PIUTANG ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA (AJII) PADA RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Sholikah, Lilik Jamilatus (2023) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENAGIHAN PIUTANG ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA (AJII) PADA RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000026_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Pengendalian Internal Penagihan Piutang Asuransi Jiwa Ihealth Indonesia (AJII) Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. penelitian ini memiliki tujuan untuk analisis sistem pengendalian internal penagihan piutang di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, sehingga dapat mengetahui efektivitas penerapan sistem pengendalian internal yang diterapkan pada rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan cara membandingkan antara pengendalian internal yang ditetapkan oleh Comitte of Sponsoring Organization of the Treadway Commission (COSO) dengan kondisi sebenarnya yang ada di rumah sakit. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pengendalian internal penagihan piutang Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (AJII) Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang masih kurang efektif dalam penerapannya, sehingga terdapat kekurangan yang ditemukan penulis dan penulis memberikan rekomendasi perbaikan agar pengendalian internal penagihan piutang AJII dapat berjalan secara efektif,yaitu (1) Rumah sakit rutin melakukan evaluasi terhadap penerapan sistem pengendalian internal penagihan piutang AJII. (2) Melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin. (3) Perlu menambahkan sistem pengelolaan piutang ke dalam SIM RISA. Kata Kunci: Pengendalian Internal, COSO, Piutang, Asuransi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:37
Last Modified: 30 Aug 2023 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item View Item