HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN GANGGUAN PSIKOFISIOLOGIS PADA MAHASISWA KEDOKTERAN Studi Observasional Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Berliani, Arij Fahmi (2023) HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN GANGGUAN PSIKOFISIOLOGIS PADA MAHASISWA KEDOKTERAN Studi Observasional Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
30101900031_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stres merupakan keadaan yang tidak terpisahkan dari mahasiswa, terutama mahasiswa kedokteran. Stresor yang paling relevan adalah banyaknya materi yang harus dikuasai dalam waktu yang singkat dan banyaknya ujian yang harus diikuti hal ini dapat membuat stres akademik bagi mahasiswa. Jika stres akademik tidak ditangani dengan benar dapat menimbulkan gangguan psikofisiologis seperti pusing, cepat lelah dan sakit kepala.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang Angkatan 2019,2020 dan 2021. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode stratified random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 138 mahasiswa yang telah memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Peniliain Stres Akademik menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale – 42 (DASS-42) dan penilaian gangguan psikofisiologis menggunakan kuesioner Somatic Symptom Scale-8 (SSS-8). Uji statistik yang digunakan adalah uji Spearman dengan prgram SPSS Pada penelitian ini diperoleh mahasiswa dengan stres akademik sangat parah sebesar (64,5 %), stress akademik berat sebesar (29%), stress akademik sedang (5,1%), stress akademik ringan (1,4%). Gangguan psikofisiologis pada sampel di dapatkan gangguan psikofisiologis berat sebesar (15,9%), gangguan psikofisiologis sedang sebesar (79,7%) dan gangguan psikofisiologis ringan (4,3%). Hasil analisis menunjukan adanya hubungan yang signifikan dan kekuatan hubunganya cukup antara stres dengan nilai p =0,035 dan r= 0,179 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara stres akademik dengan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2019, 2020 dan 2021 Kata kunci : stres akademik, gangguan psikofisiologis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2024 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30637

Actions (login required)

View Item View Item