HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI BP) DI SMP ISLAM AL BISYRI TAHUN AJARAN 2022/2023

Khotimah, Khusnul (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI BP) DI SMP ISLAM AL BISYRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501800048_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501800048_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar PAI BP siswa di SMP Islam Al Bisyri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel yang menjadi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII dengan jumlah populasi 84 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data adalah menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji korelasi ganda (multivariant), uji validitas dan reliabilitas instrumen. 1. Pola asuh orang tua siswa di SMP Islam Al Bisyri yang demokratis sebesar 77 siswa dengan prosentase 91,6%, kemudian siswa yang mendapatkan pola asuh otoritatif sebanyak 3 siswa dengan prosentase 3,5%, sedangkan siswa yang mendapat pola asu permisif terdapat 4 siswa dengan prosentase 4,7%. 2. Prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI BP) Siswa SMP Islam Al Bisyri menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh keseluruhan diangka 82,35 dengan nilai tertinggi yang didapat 95 dan nilai terendah diangka 74. 3. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI BP) siswa di SMP Islam Al Bisyri. Hubungan pola asuh orang tua yang demokratis terhadap prestasi belajar memperoleh nilai sig = 0,000 < 0,016, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hubungan pola asuh orang tua yang otoriter terhadap prestasi belajar memperoleh nilai nilai sig = 0,002 < 0,016, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hubungan pola asuh orang tua yang permisif terhadap prestasi belajar memperoleh nilai nilai sig = 0,000 < 0,016, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: pola asuh orang tua; demokratis; otoriter; permisif; prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:31
Last Modified: 30 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30481

Actions (login required)

View Item View Item