SHOLIH, RIFQI FAJRI (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD BUDI LUHUR SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900111_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900111_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Strategi yang diteliti dalam penelitian ini mengenai bagaimana strategi pembelajaran klasikal dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, bagaimana strategi pembelajaran individual dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, bagaimana strategi pembelajaran mandiri dalam pembelajaran baca tulis AL-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif pada penelitian ini digunakan untuk menguraikan strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Lokasi penelitian di SD Budi Luhur Semarang. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan strategi klasikal sudah baik dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an secara klasikal guru PAI dapat mengajar suatu kelompok dengan jumlah siswa yang tidak terbatas. Kemudian Strategi pembelajaran individual dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Budi Luhur Semarang sudah baik karena dalam pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an secara individual ini terdapat waktu yang intensif peserta didik dalam baca tulis Al-Qur’an. dan peserta didik dapat mengulang baca tulis Al-Qur’an sampai bisa. Selanjutnya Strategi pembelajaran mandiri dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Budi Luhur Semarang sangat baik dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran secara individual terdapat inisiatif peserta didik dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:12 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 03:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30424 |
Actions (login required)
View Item |