NAZALIAH, NADILAH (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900093_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900093_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisipinan peserta didik melalui kegiatan solat berjamaah di SMK Alfataah boarding school Demak. penelitian ini dilakukan terhadap guru akidah akhlak dan peserta didik SMK Alfataah boarding school Demak dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru akidah akhlak dan sebagian peserta didik serta dokumentasi. Peran guru dalam pendidikan sangat dibutuhkan terutama dalam hal meningkatkan kedisiplinan peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian, peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui kegiatan shalat dzuhur berjamaah, menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik disiplin. Dengan ada kegiatan shalat dzuhur berjamaah di sekolah melatih peserta didik untuk disiplin waktu melaksanakan shalat diawal waktu dan berjamaah, disiplin aturanyang telah ditentukan di sekolah. Sehingga dengan kegiatan shalat dzuhur berjamaah peserta didik sudah mematuhi peraturan yang ada di sekolah, terutama disiplin waktu ketepatan dalam melakukan shalat berjamaah. Kata kunci: Peran guru akidah akhlak, kedisiplinan, shalat dzuhur berjamaah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 03:24 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 03:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30384 |
Actions (login required)
View Item |