HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAPEL PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

MUSTHAFA, MUHAMMAD JA’FAR (2023) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAPEL PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900082_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional peserta didik dengan kedisiplinan belajar Mapel PAI kelas IX di SMP Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau penelitian hubungan dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX yang yang berjumlah 256 peserta didik. Sedangkan sample penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Cara menentukan jumlah sample menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka dapat diketahui sample berjumlah 73 peserta didik. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, menunjukan bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Semarang mayoritas berada di kategori sedang yaitu 44 peserta didik (60,3%), 17 peserta didik (23,3%), dan tinggi 12 peserta didik (16,4%). Tingkat kedisiplinan belajar Mapel PAI kelas IX di SMP Negeri 3 Semarang mayoritas berada di kategori sedang yaitu 50 peserta didik (68,5%), rendah 13 peserta didik (17,8%), dan tinggi 10 peserta didik (13,7%). Berdasarkan hasil pengujian menggunakan korelasi product momen dari pearson diketahui hubungan korelasi kedua variable sebesar (0,03) < 0,05. Maka dapat dikatakan kedua variable tersebut berkorelasi, dan hubungan kedua variable tersebut sebesar (0,341) tergolong dalam korelasi rendah. Maka dapat dikatakan, hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar Mapel PAI kelas IX di SMP Negeri 3 Semarang terdapat hubungan yang signifikan dan hipotesis diterima (Ha). Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Kedisiplinan Belajar Mapel PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:17
Last Modified: 09 Aug 2023 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30378

Actions (login required)

View Item View Item