PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PAI DI MI TARBIYATUL KHAIRAT SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SYAIFUDDIN, MUHAMMAD (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PAI DI MI TARBIYATUL KHAIRAT SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900074_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900074_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan kepala sekolah di MI Tarbiyatul Khairat Semarang, untuk mengetahui gambaran kinerja guru PAI di MI Tarbiyatul Khairat Semarang, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Serta memiliki kegunaan di berbagai pihak, baik itu dari pihak tempat penelitian maupun di pihak penulis sendiri. Metode yang digunakan adalah korelasional deskriptif dengan variabel ada dua yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X) dan kinerja guru PAI (Y). Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi dan sampel adalah guru PAI yang berjumlah 4 orang. Instrumen dalam penelitian adalah skala likert, angket dan pedoman wawancara untuk mendapatkan skor kepemimpinan kepala sekolah dan skor kinerja guru PAI. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua, dan tehnik analisis inferensial dengan regresi sederhana untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukan bahwa tidak ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,917 lebih kecil dari pada nilai ttabel = 4,303 dengan taraf signifikan sebesar 5% (thitung ≤ ttabel ) = (0,656 > 0,05) dan didukung oleh wawancara guru bahwa kepala sekolah dan guru PAI belum maksimal dalam melaksanakan aspek dan indikatornya. Melalui metode dan analisis data tersebut, maka diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru PAI di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:33
Last Modified: 09 Aug 2023 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item View Item