PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022

SARI, KHOIRUNNISA PUTRI PUSPITA (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900063_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Guru Akidah Akhlak memegang peranan penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Karena Guru Akidah Akhlak merupakan seorang pendidik yang dapat membentuk karakter peserta didik yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian guru akidah akhlak selain mengajarkan ilmu Agama juga berperan dalam membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Kota Semarang, untuk mengetahui karakter apa saja yang dibentuk oleh guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Kota Semarang, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Guru Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Semarang sudah menjalankan perannya dalam pembentukan karakter peserta didik, baik dalam kedudukannya sebagai pendidik, pembimbing, motivator, maupun evaluator, Peserta Didik di MAN 2 Kota Semarang sudah memiliki karakter yang baik yaitu mereka memiliki karakter religius, disiplin, tanggung jawab, toleransi, maupun sopan santun. karakter tersebut menjadi salah satu target dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak yang dilaksanakan di sekolah tersebut, Faktor pembentukan karakter yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Semarang terdapat faktor penghambat maupun faktor pendukung adalah Faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, pergaulan teman yang kurang baik, minimnya pendidikan agama di keluarga atau kurang kasih sayang dari orang tua, dan penyalahgunaan media sosial yang kurang baik. Sedangkan Faktor pendukungnya meliputi semua guru khususnya guru akidah akhlak menerapkan suri tauladan yang baik kepada peserta didik, adanya kesadaran dalam diri peserta didik, dan adanya kegiatan keagamaan serta mendapatkan lingkungan pergaulan yang baik dan mendapatkan dukungan dari orang tua. Kata Kunsi: Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:55
Last Modified: 09 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30366

Actions (login required)

View Item View Item