KEEFEKTIFAN PROGRAM MUKHAYYAM QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN SISWA DI SDIT BINA INSANI BANYUMANIK SEMARANG

Abdullah, Ibrahim (2023) KEEFEKTIFAN PROGRAM MUKHAYYAM QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN SISWA DI SDIT BINA INSANI BANYUMANIK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900054_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900054_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu komponen penting yang perlu dipelajari oleh pribadi seorang muslim. Oleh karena itu, sudah sepantasnya seorang siswa muslim agar bersungguh-sungguh dalam mempelajari Al-Qur’an dengan menunjukan minat terhadap belajar Al-Qur’an. Akan tetapi banyak siswa yang mengikuti pembelajaran Al-Qur’an tidak memiliki kedekatan terhadap Al-Qur’an dan juga kurangnya ilmu ynag dapat mendukung pembelajaran Al-Qur’an mereka, padahal untuk mencapai pembelajaran Al-Qur’an yang optimal perlu adanya kedekatan dan juga bekal ilmu yang dapat menunjang pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan program Mukhayyam Qur’an dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an di SDIT Bina Insani Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif yang akan mendeskripsikan proses bagaimana minat belajar Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah mengikuti program Mukhayyam Qur’an apakah dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar Al-Qur’an. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa program Mukhayyam Qur’an secara umum efektif meningkatkan minat belajar Al-Qur’an siswa, hal ini dapat dilihat dari indikator minat siswa yang menunjukan hasil yang baik. Kata Kunci : Mukhayyam Qur’an, Keefektifan Program, Belajar Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:50
Last Modified: 09 Aug 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30359

Actions (login required)

View Item View Item