AMANAH, FATKHIYATUL (2023) RESPON GURU PAI TERHADAP GAGASAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH (Studi Kasus Guru PAI Di Kecamatan Godong). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900044_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900044_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah, yang mana penelitian ini merupakan studi kasus guru PAI di kecamatan Godong. Gagasan moderasi beragama memiliki 4 (empat) indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme, dan akomodatif kebudayaan lokal. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana pemahaman guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah dan bagaimana respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama dan untuk mengetahui respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data di lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI memahami dan menerima konsep moderasi beragama sebagai gagasan yang diterapkan di sekolah, yang memiliki toleransi agar tidak saling menjatuhkan antara agama yang nantinya memicu perpecahan. Kata kunci : Respon Guru PAI, Gagasan Moderasi Beragama, Indikator Moderasi Beragama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30353 |
Actions (login required)
View Item |