LESTARI, ASTRI (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD N 1 BEKUTUK TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900023_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900023_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Bekutuk. Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang dicapai di kelas, mengetahui strategi guru yang digunakan dalam peningkatan prestasi belajar serta mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Bekutuk. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah diantaranya adalah : 1) Bagaimana prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Bekutuk, 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Bekutuk, 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Bekutuk. Jenis penilitian ini menggunakan pendekatan paradigma deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, data primer meliputi informasi yang di dapat dari informan yaitu guru Pedidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sedangkan data sekunder meliputi data yang ada di sekolah yang berkaitan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang di dapat peserta didik setelah strategi diterapkan. Strategi yang diterapkan oleh guru di SDN 1 Bekutuk adalah strategi inkuiri dan ekspositori. Strategi penunjang lainnya adalah guna pemberian motivasi diantaranya pemberian penguatan atau insentif, persaingan, variasi strategi dan pemanfaatan sarana dan prasarana. Serta yang menjadi faktor pendukung dalam peningkatan prestasi meliputi orang tua, lingkungan, teman. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi meliputi kurangnya fasilitas belajar, perhatian prang tua. Kata Kunci : Strategi, Guru, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:09 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30315 |
Actions (login required)
View Item |