ALFIAN, AHMAD FANNY (2023) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER KULIAH AHAD PAGI (KAP) DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS PESERTA DIDIK DI MA HIDAYATUS SYUBBAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900005_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900005_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program ekstrakurikuler Kuliah Ahad Pagi (KAP) di MA Hidayatus Syubban Semarang, pelaksanaan program KAP di MA Hidayatus Syubban, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan KAP di MA Hidayatus Syubban Semarang. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif, dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) ekstrakurikuler Kuliah Ahad Pagi di MA Hidayatus Syubban adalah program ekstrakurikuler bersifat wajib diikuti oleh semua peserta didik. Program KAP memiliki peran sebagai pengembangan Soft skills peserta didik yang berguna dan penting untuk dimiliki setiap peserta didik seperti halnya jiwa kepemimpinan, kerjasama, pengondisian diri, bertanggung jawab, komunikasi, serta memberi motivasi 2) Pelaksanaan kegiatan Kuliah Ahad Pagi (KAP) di MA Hidayatus Syubban. yaitu pembacaan Sa’altu dan Asmaul Husna, sholawat ulama, tahlil, latihan ceramah serta evaluasi dan doa dari Bapak/ Ibu guru.. 3) Faktor pendukungnya : Guru pendamping, tempat pelaksanaan ekstrakurikuler KAP, Dorongan orangtua dan guru dan kemauan peserta didik. Faktor penghambat yaitu sebagaimana berikut : Kemalasan peserta didik, Interaksi peserta didik yang kurang, Hari dan waktu pelaksanaan KAP Kata kunci : KAP, Soft skills, Ekstrakurikuler
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:03 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:03 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30304 |
Actions (login required)
View Item |