Utsumadewi, Reza Sacnia (2022) NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN KE-NU-AN MTS AL-ASROR SEMARANG KELAS IX. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501700103_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501700103_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini merupakan terdapatnya keberagaman yang begitu kompleks di Indonesia, baik keberagaman agama atau keyakinan, ras, suku, etnis, budaya, ataupun orgnaisasi. Paling utama organisasi dari umat Islam yang kebanyakan ialah menggapai 465 ormas serta organisasi. Keberagaman tersebut sesuatu waktu bisa berpotensi konflik satu sama lain. Oleh sebab itu, untuk menjauhi konflik, tiap masyarakat Negeri terkhusus umat Islam butuh dididik semenjak dini tentang nilai multikultural lewat pembelajaran. Salah satu triknya merupakan dengan memasukkan, menginternalisasikan serta mengintegrasikan nilai-nilai pembelajaran multikultural kedalam mata pelajaran Ke-NUan. Sedangkan itu, proses pembelajaran tidak lepas dari kedudukan guru sebagai figur utama dalam memberikan teladan untuk peserta didik. Proses pembentukan kepribadian manusia yang didominasi dengan jalur pembelajaran pula tidak akan bisa lepas dari kedudukan seseorang guru dalam menahkodai jalannya pendidikan. Sehingga dalam perihal ini, pembelajaran semestinya mengusung pendidikan yang bisa menghasilkan keteraturan baru, dalam upaya menumbuhkembangkan perilaku toleransi kepada peserta didik. Sehingga pembelajaran agama yang berwawasan multikultural bisa dijadikan salah satu pemecahan dalam meningkatkan karater peserta didik yang inklusif serta toleran terhadap perbedaan. KATA KUNCI : Nilai;Pendidikan Multikultural;Ke-NU-an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:54 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30291 |
Actions (login required)
View Item |