IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN PELAYANAN FARMASI KLINIK BERDASARKAN PMK NO. 74 TAHUN 2016 DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG

Kautsari, Arina (2023) IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN PELAYANAN FARMASI KLINIK BERDASARKAN PMK NO. 74 TAHUN 2016 DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
33101800013_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian di puskesmas dilaksanakan dengan memenuhi standar pelayanan kefarmasian. Standar pelayanan kefarmasian merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian dan acuannya adalah PMK No.74 Tahun 2016. Pelaksanaan pelayanan kefarmasian yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan medication error. Pelayanan farmasi klinik sebagian besar kegiatannya harus dilakukan oleh apoteker dan saat ini seluruh puskesmas di Kota Semarang telah memiliki apoteker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat implementasi standar pelayanan kefarmasian di bidang pelayanan farmasi klinik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Dan termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu apoteker penanggung jawab di puskesmas kota Semarang yang memiliki SIPA dan STRA aktif. Hasil penelitian diperoleh hasil dengan kriteria baik untuk pengkajian dan pelayanan resep (98.15%), PIO (96%), konseling (81,48%), dan EPO (85.93%). Hasil dengan kriteria cukup untuk MESO (68,52%), dan PTO (85.93%), hasil kurang untuk visite (35.56%), dan untuk hasil keseluruhan didapatkan baik dengan persentase (76.15%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi standar pelayanan kefarmasian di Kota Semarang pada bidang pelayanan farmasi klinik terlaksana dengan baik sesuai dengan PMK No. 74 Tahun 2016 dengan persentase 76.15%. Saran untuk puskesmas diharapkan dapat meningkatkan tingkat implementasi standar pelayanan kefarmasian, sedangkan oleh selanjutnya kuesioner dapat dimodifikasi dengan menambahkan kolom deskripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:55
Last Modified: 02 Aug 2023 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item