Putri Argianti, Eva (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI UJIAN OSCE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Keperawatan_30901900068_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilmu Keperawatan_30901900068_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
Abstract
Latar Belakang: Motivasi menjadi kekuatan yang mendorong mahasiswa untuk menggunakan potensi dalam dirinya guna mencapai hasil belajar yang lebih baik. Ujian OSCE dipakai untuk menguji kinerja keterampilan klinis. Kesiapan belajar berperan dalam menghadapi suatu ujian. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan belajar mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian OSCE. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian crossectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 150 orang dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus spearmant rank. Hasil: Berdasarkan 150 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur terbanyak 19 tahun, dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 137 responden, Sedangkan laki-laki sebanyak 13 responden. Hasil penelitian juga menunjukkan 6,5% memiliki motivasi belajar rendah, 74,7% memiliki motivasi belajar sedang dan 18,7% memiliki motivasi belajar rendah. Sebanyak 0,7% responden memiliki kesiapan belajar sangat rendah, 12,7% responden memiliki kesiapan belajar rendah, 73,3 responden memiliki kesiapan belajar sedang, 10,7% responden memiliki kesiapan belajar tinggi dan 2,7% responden memiliki kesiapan belajar sangat tinggi. Simpulan: Terdapat hubungan antara Motivasi belajar dengan Kesiapan belajar mahasiswa Keperawatan dalam menghadapi ujian OSCE (p value > 0,05). Saran mahasiswa mampu mengontrol motivasi belajar sendiri dengan cara memiliki hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, OSCE Daftar Pustaka: 41 (2017 – 2022)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:15 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29933 |
Actions (login required)
View Item |