HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN

Sabella Putri, Celline (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900040_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Latar Belakang:Dalam proses belajar, makin tinggi usia seseorang makin bertangung jawab akan proses belajarnya sendiri, Salah satu indikator yang penting bagi mahasiswa untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah motivasi belajar. mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi yang tinggi maka kemandirian belajar akan semakin tinggi. Metode:Penelitian ini merupakan studi deskritif analitik, menggunakan tekhnik random sampling dengan jumlah responden 150. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tekhnik analisa data menggunakan uji spearman’s. Hasil:Hasil analisis univariat motivasi belajar terbanyak yaitu memiliki motivasi belajar sedang dengan 109 responden (72,7%) dan dengan kemandirian belajar yang baik sebanyak 105 responden (70,0%), rata-rata umur 18-19 tahun, serta jenis kelamin paling banyak perempuan dengan 137 responden (91,3%). Hasil bivariat dengan uji spearman’s menyatakan bahwa motivasi belajar dan kemandirian belajar didapatkan hasil korelasi P=0,000 (P<0,05) dan nilai koefisien 0,335. Simpulan:Ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar mahasiswa keperawatan. Kata kunci:Kemandirian belajar, mahasiswa keperawatan, motivasi belajar Daftar pustaka:29 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:52
Last Modified: 25 Jul 2023 06:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29878

Actions (login required)

View Item View Item