PENGARUH HARGA, KEMASAN, RASA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JENANG SINAR 33 KUDUS

SULIKAN, SULIKAN (2003) PENGARUH HARGA, KEMASAN, RASA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JENANG SINAR 33 KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04986511-FEm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha dewasa ini ditandai oleh semakin ketatnya persaingan yang ada, terutama persaingan dari perusahaan-perusahaan yang mengbasilkan produk sejenis. Persaingan ketat diantara perusahaan-perusahaan saat ini dapat dilihat dari membanjimya barang-barang konsumsi di pasaran yang mempunyai corak dan karakteristik yang berbeda dengan barang sejenis yang dimiliki perusahaan lain. Corak dan karakteristik sebuah produk memang dilambangkan oleh setiap perusahaan untuk menarik perhatian konsumen dan menciptakan kepuasan konsumen. salah satu perusabaan itu adalah perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga,kemasan, rasa, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen jenang Sinar 33. Di dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetabui pengaruh harga, kemasan,rasa, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan jenang Sinar 33 Kudus. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah para konsumen jenang Sinar 33 di kabupaten Kudus propinsi Jawa tengah. Jumlah responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik "accidental sampling yaitu penentuan anggota sampel secara subyektif dan acak yang dilakukan di toko pusat Jenang Sinar 33 JI.Sunan Muria Kudus. Siapa saja yang sedang membeli jenang Sinar 33 dapat menjadi sampel. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan basil perhitungan basil analisis regresi berganda didapatkan persamaan: Y=0,445 --0,055 (X,) + 0,209 (X) + 0,129 (X) + 0,269 (X) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara parsial antara variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji t yang hasilnya harga berpengaruh negatif dan signifikan pada tingkat a = 0,05 terhadap kepuasan konsumen jenang Sinar 33. Sedangkan kemasan, rasa, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat a = 0,05 terhadap kepuasan konsumen jenang Sinar 33. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara bersama-sama antara variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji F yang hasilnya harga, kemasan, rasa, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat a= 0,05 terhadap kepuasan jenang Sinar 33. Dari basil perhitungan diperoleh nilai koefisien determinasi atau Adjusted R Square sebesar 0,603. Hal ini berarti bahwa variabel harga, kemasan, rasa, dan lokasi memberikan kontribusi sebesar 60,3 % terbadap kepuasan konsumen jenang Sinar 33. Sedangkan sisanya 39, 7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:15
Last Modified: 20 Jun 2023 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29013

Actions (login required)

View Item View Item