Rohmah, Khofifatur (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI PAMONGAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900047_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900047_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Penelitian.ini.berfokus.pada.pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya variasi dan inovasi guru dalam mengajar dan kurangnya penggunaan sumber dan media pembelajaran yang terjadi sekarang ini termasuk pada jenjang sekolah dasar khususnya pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuan utama dari dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap kemampuan berpikir kritis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan.Pre-Experimental Design dengan jenis.desain one.group.pretest-postest. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 37 siswa kelas V SDN Pamongan 1. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan uji normalitas pada pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari hasil.pretest output.SPSS pada.kolom sig. yang.bernilai 0,409 > α (0,05) yang berarti data.berdistribusi.normal. Dari hasil posttest output SPSS pada kolom sig. yang bernilai 0,093 > α (0,05) yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis paired sample t test menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,000. Jika sig. (2-tailed) 0,000 < α (0.05) maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari model pembelajaran word square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Word Square, Berpikir Kritis, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:58 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28690 |
Actions (login required)
View Item |