Fajrin, Ivan (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 TRUSMI KULON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900044_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900044_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi menggunakan website Appsgeyser.com dalam mata pelajaran IPA. Sulitnya pembelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah menjadikan banyak siswa yang sulit memahami materi ini oleh karena itu perlu adanya inovasi pengembangan media agar dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran IPA khususnya materi peredaran darah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang layak dan praktis digunakan oleh siswa dan guru. Metode penelitian ini Adalah R&D (Research and Development) dan dikembangkan dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelentation, dan Evaluation). Subjek Penelitian adalah siswa kelas V SDN Trusmi Kulon. Pengujian kelayakan media ini dilakukan oleh satu dosen ahli media, Satu dosen ahli materi dan satu ahli bahasa. Hasil rekapitulasi dari dosen ahli ialah 78% dengan kategori "Layak". Sedangkan hasil kepraktisan siswa adalah 92% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa media aplikasi layak dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA mengenal sistem peredaran darah. Kata Kunci: Media Aplikasi, Appsgeyser, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:57 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28689 |
Actions (login required)
View Item |