DETERMINAN MAQASID SYARIAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Studi pada Perbankan Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2011-2020)

‘Aatikah, Nisriinaa Yumnaa (2022) DETERMINAN MAQASID SYARIAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Studi pada Perbankan Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2011-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401900242_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu kinerja maqasid syariah pada bank umum syariah di Indonesia. Dalam mengukur kinerja pada perbankan syariah tidak hanya berfokus pada laba maupun ukuran keuangan lainnya, akan tetapi terdapat nilai-nilai dalam perbankan yang yang sesuai dengan tujuan bank syariah yaitu dengan pengukuran kinerja maqasid syariah. Dalam menjalankan kegiatannya terdapat karakteristik yang membedakan bank syariah dengan bank konvensional, yaitu diperlukan penerapan profit sharing financing, cost efficiency, risk taking behavior certain dan islamic corporate governance. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder berbentuk laporan keuangan dan laporan tahunan (annual report) pada perbankan syariah di Indonesia. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan selama tahun 2011 sampai dengan 2020. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi software yaitu SPSS Versi 20. Hasil dari uji asumsi klasik, regresi liner berganda dan hipotesesis menunjukkan bahwa secara simultan profit sharing financing, risk taking behavior certain, cost efficiency dan islamic corporate governance berpengaruh terhadap kinerja maqasid syariah. Kata Kunci : Profit Sharing Financing, Cost Efficiency, Risk Taking Behavior Certain, Islamic Corporate Governance, Kinerja Maqasid Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:51
Last Modified: 25 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27985

Actions (login required)

View Item View Item