M. Baihaqi, M. Baihaqi (2022) KEEFEKTIFAN HALAQOH TIGA WAKTU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DARUL ILMI MAN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
21502000019_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (327kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui salah satu metode dalam pembelajaran tahfidz Alquran, lebih tepatnya yaitu metode yang digunakan oleh Islamic Boarding School Darul Ilmi MAN Demak. Peneliti tahu bahwa selain pemilihan tempat dalam berproses menjadi penghafal Alquran, metode yang dipakai dalam tahfidz Alquran juga dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk menjadi Hamilul Quran. Fokus penelitian yang dilakukan yaitu kefektifan halaqoh tiga waktu dalam pembelajaran tahfidz Alquran di Islamic Boarding School Darul Ilmi MAN Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, baik pengamatan proses halaqoh tiga waktu maupun pengamatan pada dokumen-dokumen yang ditemukan di lokasi penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pembelajaran tahfidz Alquran di Islamic Boarding School Darul Ilmi MAN Demak sudah berlangsung efektif, sebab dalam pelaksanaannya terdapat santri yang sukses melampaui target, hingga dapat menyelesaikan hafalan 30 Juz. Halaqoh tiga waktu yang menjadi metode dalam mensukseskan program tahfidz Alquran di Islamic Boarding School Darul Ilmi MAN Demak yaitu subuh, ashar dan isya’, hal tersebut untuk memunculkan sikap cinta dan istiqomah dalam melafadzkan ayat suci untuk kemudian mengantarkan mereka menjadi Hamilul Quran sejati di kemudian hari. Kata Kunci: Keefektifan, Halaqoh Tiga Waktu, Tahfidz Alquran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 06:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 06:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27796 |
Actions (login required)
View Item |