STUDI PENGARUH PERAN GANDA ISTRI DALAM KELUARGA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Desa Pekuwon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati)

SEPTIANA, FIRDA TRI (2022) STUDI PENGARUH PERAN GANDA ISTRI DALAM KELUARGA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Desa Pekuwon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501700029_fulldoc.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis mengharapkan beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut: a. Diharapkan dapat menambah khazanah ilmu terkait perkembangan dunia hukum Islam dalam bidang perkawinan. b. Sebagai sumber informasi baru, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memperkuat pelaksanaan hukum perkawinan yang layak di masa mendatang. c. Sebagai bahan evaluasi atas amalan istri yang berperan ganda dalam mencari nafkah dalam keluarga yang masih berlaku di masyarakat selama ini. Metode penelitian adalah suatu cara atau jalan yang ditempuh dalam mencari, menggali, mengolah, dan membahas data dalam suatu penelitian, untuk memperoleh pemecahan suatu masalah. Untuk melakukan hal-hal tersebut penulis menggunakan metode sebagai berikut: Faktor ekonomi menyebabkan banyak permasalahan dalam kehidupan rumah tangga hingga pada tingkat perceraian. Ketika ekonomi tidak mencukupi di masa lalu panjang akan menimbulkan kerentanan. Tetapi faktor ekonomi bisa muncul dalam bentuk sebaliknya, ketika ekonomi seseorang lebih baik dari rata-rata orang, kekayaannya justru membuatnya tidak bijaksana, yang menggunakan sesuatu yang negatif, seperti mencari kesenangan di luar hal-hal yang tidak halal, seperti perselingkuhan dan lain-lain. . Suami dan istri harus berusaha menafkahi keluarganya. Tingkat pendapatan suami berperan penting dalam keputusan perempuan memasuki pasar kerja. Banyak wanita yang memutuskan untuk tidak bekerja karena pendapatan suaminya dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Diharapkan para istri yang bekerja mencari nafkah dalam keluarga tidak melupakan kewajibannya sebagai istri dan ibu terhadap anak-anaknya. Seorang istri harus taat kepada suaminya, saling menghormati, saling menghormati, dan saling mengasihi. Lupakan perbedaan gender dan fokus pada kualitas rumah tangga yang penuh kasih agar keharmonisan dalam rumah tangga tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:27
Last Modified: 24 Jan 2023 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27717

Actions (login required)

View Item View Item