MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PABP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS V SDN MANGUNJIWAN 3 DEMAK TAHUN 2022

Fudhoifah, Fudhoifah (2022) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PABP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS V SDN MANGUNJIWAN 3 DEMAK TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000004_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas v SDN Mangunjiwan 3 Demak setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas v SDN Mangunjiwan 3 Demak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus mengikuti tahapan : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, hasil observasi pra siklus hasil belajar siswa secara keseluruhan kurang terlihat pada hasil rata – rata sebesar 32,50% dengan kategori sangat rendah. Setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 51,57%, pada siklus II sebesar 63,44%, dan pada siklus III mencapai 70,90%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,77%, dari siklus II ke siklus III sebesar 19,23%, dan dari siklus I ke siklus III mencapai 26,66%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dengan kriteria sangat rendah, 15% kriteria rendah, 15% kriteria sedang. pada siklus II sebesar 55% dengan kriteria sedang, dan pada siklus III mencapai 90,00% dengan kriteria sangat tinggi. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan Agama dan Budi Pekerti ( PABP ) secara signifikan. Katakunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model STAD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:46
Last Modified: 24 Jan 2023 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item View Item