UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI PERILAKU KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

Hamid, Abdul (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI PERILAKU KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21501900003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Perilaku kenakalan peserta didik merupakan sebuah problem yang tidak kunjung teratasi sehingga menjadi sebuah keprihatianan dalam dunia pendidikan di Indonesia, demi terwujudnya cita-cita bangsa dalam mencerdaskan generasi bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak, berilmu serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Maka kenakalan peserta didik harus diperhatikan serta diatasi oleh seluruh pihak. Penelitian ini bertujuan membahas secara mendalam mengenai upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi perilaku kenakalan peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku kenakalan peserta didik, upaya preventif kuratif yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi perilaku kenakalan peserta didik dan untuk mengetahui faktor pendukung maupun penghambat dalam merealisasikan upaya guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini informan penelitian terdiri dari pihak guru pendidikan agama Islam, guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah dan peserta didik SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku kenakalan peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang masih kategori pada pelanggaran status atau ringan, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam adalah dengan upaya preventif dan kuratif melalui pengarahan, identifikasi dan pembinaan peserta didik., faktor pendukung berupa adanya program budaya sekolah Islami dan faktor penghambat berupa kurang maksimalnya pengamalan budaya sekolah Islami oleh peserta didik. kata kunci: upaya, guru, perilaku, kenakalan, peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:04
Last Modified: 24 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item