PENGARUH KUALITAS LABA, PENGUNGKAPAN SUKARELA DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS DENGAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Tahun 2018-2020)

Nurrani, Mia (2022) PENGARUH KUALITAS LABA, PENGUNGKAPAN SUKARELA DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS DENGAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Tahun 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700109_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas laba, pengungkapan sukarela dan manajemen laba terhadap biaya modal ekuitas dengan asimetri infomasi sebagai variabel intervening. Biaya modal merupakan tingkat pengembalian yang diharapkan investor ketika menginvestasikan dana yang dimiliki perusahaan. Kualitas laba sebagai ukuran untuk melihat laba yang dilaporkan pada laporan keuangan dapat merefleksikan kinerja perusahaan sebenarnya. Pengungkapan sukarela mampu memberikan informasi tambahan serta mengurangi asimetri informasi. Penurunan asimetri informasi kemudian memengaruhi tinggi rendahnya biaya modal ekuitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh melalui situs resmi www.idx.co.id . Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index untuk periode 2018-2020. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan program SPSS dengan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas laba berpengaruh negatif signifikan terhadap asimetri informasi, pengungkapan sukarela dan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi. Kualitas laba, pengungkapan sukarela, dan manajemen laba tidak bepengaruh terhadap biaya modal ekuitas. Asimetri informasi tidak mampu memediasi hubungan kualitas laba, pengungkapan sukarela dan manajemen laba terhadap biaya modal ekuitas. Kata kunci : Kualitas Laba, Pengungkapan Sukarela, Manajemen Laba, Biaya Modal Ekuitas, Asimetri Informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:06
Last Modified: 24 Jan 2023 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item