Ulum, Muh. Bahrul (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK CORDOVA MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800132_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Dalam membentuk akhlak peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, seperti halnya faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Pembentukan akhlak di lingkungan sekolah sangatlah diperlukan, karena sekolah memegang peran yang sangat penting dalam pembentukan akhlak peserta didik, karena secara psikologis pada masa remaja atau usia sekolah seseorang masih berusaha untuk menemukan jati dirinya, pada masa itu juga sangat rawan sekali dengan berbagai hal yang mungkin tidak baik bagi dirinya.Lingkungan sekolah tidak hanya mendidik saja tetapi juga mengajarkan nilai moral dan etika dalam berperilaku sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak peserta didik di SMK Cordova Margoyoso Pati Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 70 responden dari jumlah populasi sebanyak 750 siswa. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ditemukan (1) Pengaruh lingkungan sekolah di SMK Cordova menunjukkan intensitas cukup yakni dengan presentase 31,42% dari N = 70 (2) Akhlak peserta didik menunjukkan intensitas cukup yakni dengan presentase 34,28% dari N = 70 (3) Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap akhlak peserta didik di SMK Cordova Margoyoso Pati. Hali ini dibuktikan berdasarkan perhitungan dengan hasil Fhitung sebesar 49,644 dan dibandingkan dengan Ftabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 3,98. Sehingga fhitung > ftabel, artinya lingkungan sekolah berpengaruh terhadap akhlak peserta didik di SMK Cordova Margoyoso Pati. Berdasarkan koefisien determinasi (R²) di atas didapat nilai 42% artinya lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 42% terhadap akhlak peserta didik dan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Kata Kunci : pendidikan islam; lingkungan sekolah; akhlak peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 02:02 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 02:02 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27556 |
Actions (login required)
View Item |